Membangun E-commerce Untuk Meningkatkan Program Sistem E-Business
Di era modern ini teknologi semakin canggih dan memudahkan manusia, salah satunya membantu manusia dalam bidang bisnis. kali ini saya akan menjelaskan apa itu E-commerce dan bagaimana e-commerce ini dapat meningkatkan program sistem e-bisnis.
Dalam perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini,
banyak aktivitas-aktivitas yang dilakukan melalui jaringan internet.
Bermunculan sistem-sistem yang serba elektronik di masyarakat. Beberapa
diantaranya adalah e-business, e-commerce, Pengertian dari keduanya diulas
sebagai berikut:
E-Business adalah
bisnis yang mengacu pada penggunaan teknologi digital dan internet untuk
menjalankan proses-proses bisnis utama dalam suatu perusahaan. Dalam e-business
terjadi aktivitas pertukaran data dan informasi, menjalin koneksi dan relasi.
E-business mencakup bisnis yang luas mencakup seluruh aspek bisnis yang ada di
dalam perusahaan sehingga bisa memiliki aktivitas yang bermacam-macam.
E-Commerce adalah
bagian dari e-business meliputi aktivitas jual beli secara elektronik.
E-commerce meliputi segala aktivitas pengelolaan internal dalam suatu
perusahaan serta berbagai koordinasi dengan pemasok meliputi kegiatan
pembelian, penjualan, ataupun pengantian produk, pelayanan serta informasi
dengan menggunakan jaringan internet. Contoh dari e-commerce adalah mataharimall.com , gramedia.com , lazada.com
Pengertian E-Commerce atau definisi e-commerce adalah kegiatan
komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem
pengumpulan data otomatis.
Kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari
e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti:
transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran
(e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi
online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange /EDI), dll.
Pengertian E-Business
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah
kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan
dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu
perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan
eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai
untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi
permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis
termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing),
manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik,
penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.
E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan
dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi
di antaranya.
Perbedaan E-Commerce dan E-Business.
Perbedaan yang mendasar antara e-commerce dan
e-business adalah bahwa tujuan e-commerce memang benar-benar money oriented
(berorientasi pada perolehan uang), sedangkan e-business berorientasi pada
kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen,
pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan
penanganan masalah sosial lainnya. Selain perbedaan seperti yang telah
disebutkan, e-commerce dan e-business juga memiliki kesamaan tujuan utama yaitu
memajukan perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-commerce dan
e-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online
marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.
Manfaat E-Business dan E-Commerce
A. Manfaat E-Business
Manfaat yang didapat atau manfaat dari e business itu
sebagai berikut :
- Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga
- perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
- Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
- Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
- Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
B. Manfaat E-Commerce
Secara umum e-commerce merupakan aktivitas perdagangan
melalui media internet. Manfaatnya dan keuntungannya banyak sekali yang dapat
dihasilkan, antara lainnya :
- Manfaat e-commerce bagi konsumen :
- Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hamper setiap lokasi.
- Electronic commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
- Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
- Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, electronic commerce menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
Komentar
Posting Komentar