MANFAAT TEKNOLOGI BERBASIS MOBILE PADA LAYANAN SISTEM INFORMASI” Payment
“MANFAAT TEKNOLOGI BERBASIS MOBILE PADA LAYANAN SISTEM
INFORMASI”
Payment
Teknologi menggiring pelanggan untuk melakukan transaksi dengan
menggunakan tipe Point
of Sale (POS) yang berbeda-beda. Kartu kredit dan debit
misalnya adalah elemen yang dibutuhkan agar proses transaksi tersebut bisa
berjalan. Agar pengalaman tersebut bisa dirasakan, Merchant pun harus dapat
memenuhi kebutuhan transaksi ini dengan menghadirkan saluran pembayaran yang
terpercaya, cepat dan aman.
Perubahan besar ke mobile payment
Akan tetapi, semenjak beberapa tahun belakang, terdapat
perkembangan yang cukup besar dan mempengaruhi perubahan metode pembayaran
dimana pelanggan banyak beralih menggunakan mobile payment sebagai moted
favorit mereka. Perubahan tersebut bisa terjadi karena adanya dorongan dari
maraknya bisnis digital atau e-commerce dan
penggunaan telepon seluler yang berbasis internet atau smartphone.
Mobile payment untuk
bisnis
Menghadirkan mobile
payment dalam bisnis Anda akan meningkatkan hubungan dengan
pelanggan karena pembayaran jenis ini cepat dan mudah. Pelanggan tidak harus
mencari kartu debit, kredit, membership atau
bahkan menjawab banyak pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kasir ketika
melakukan pembayaran. Dengan mobile
payment, yang pelanggan butuhkan hanyalah menunjukkan ponsel dan
sistem akan secara otomatis menyelesaikan transaksi mereka. Tidak hanya itu,
bahkan beberapa pelanggan bisa medapatkan reward berupa diskon secara
langsung.
Dari sisi bisnis, dengan menggunakan mobile payment,
pelaku usaha bisa mendapatkan akses mengenai informasi pelanggan seperti pola
berbelanja, preferensi hingga riwayat berbelanja mereka sehingga Anda bisa
membuat keputusan menganai strategi marketing berdasarkan data-data yang
diberikan.
Mengenai keamanan, mobile
payment sendiri sebenarnya lebih aman dibandingkan dengan
bentuk pembayaran lainnya. Hal ini karena data yang ada di mobile payment terlah
dienskripsi sehingga mengurangi resiko pencurian data oleh pihak yang tidak
bertanggung jawab. Tentunya hal ini dapat membangun kepercayaan yang kuat
antara Merchant dan juga pelanggan. Jika ponsel yang pelanggan miliki hilang
atau dicuri, data akan tetap aman karena dapat dikunci secara otomatis dan sebagai
tambahan, banyak ponsel dan mobile
payment yang menggunakan sidik jari sebagai bentuk
identifikasi untuk memverifikasi pembayaran.
Pengembangan mobile
payment tidak hanya berhenti disitu saja. Saat ini
banyak mobile
paymentyang telah terintegrasi dengan bentuk pembayaran lainnya,
misalnya saja sistem POS. Dengan integrasi ini, pelaku usaha bisa memberikan
berbagai pilihan pembayaran termasuk mobile
payment untuk pelanggannya.
Integrasi mobile
payment dengan point
of sale
Pengembangan mobile
payment tidak hanya berhenti disitu saja. Saat ini banyak
sistem point of
sale yang mengembangkan teknologi aplikasi kasir tersebut
untuk bisa menerima pembayaran melalui mobile
payment. Dengan dikembangkannya sistem POS yang bisa diintegrasikan
dengan mobile
payment tentunya akan mempermudah bisnis dimana proses
transaksi akan lebih cepat dan tidak memakan waktu banyak sehingga pemillik
bisnis dan karyawan bisa menggunakan waktunya untuk fokus melayani pelanggan.
Pelayanan pelanggan yang maksimal dan memberikan kesan positif
terhadap bisnis pastinya akan membuat pelanggan Anda kembali dan memiliki
potensi untuk menjadi pelanggan setia Anda. pelanggan seperti itu memiliki
banyak keuntungan dimana salah satunya adalah pelanggan akan mempromosikan atau
merekomendasikan bisnis Anda ke orang terdekat mereka.
Kebalikannya jika kesan pelanggan negatif, maka hal ini tentunya
akan membuat pelanggan untuk enggan kembali ke bisnis dan menghilangkan peluang
Anda untuk mendapatkan pelanggan setia.
Sekian penjelasan dari kurang lebihnya mohon maaf, Terimakasih.
Refrensi :
Komentar
Posting Komentar